Live Painting “Tribute to 100 Years Hendra Gunawan” di Asian Para Games 2018 – Ciputra Artpreneur

Live Painting “Tribute to 100 Years Hendra Gunawan” di Asian Para Games 2018

Jakarta, 7 Oktober 2018 – Kegiatan Asian Para Games 2018 menjadi momentum bagi Ciputra Artpreneur untuk mendukung para seniman penyandang disabilitas dalam hal publikasi karya-karya seni yang berkualitas kepada masyarakat luas. Dukungan ini terlihat melalui kolaborasi antara INAPGOC, Artbut.ID, dan Ciputra Artpreneur dalam kegiatan live painting bertema “Tribute To 100 Years Hendra Gunawan ” yang berlangsung di Plaza Timur Stadion Gelora Bung Karno, pada 6-13 Oktober 2018.

Menurut Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta, Rina Ciputra Sastrawinata, Asian Para Games ini merupakan momentum penting yang harus dimanfaatkan para penyandang disabilitas untuk menunjukkan bahwa mereka juga mampu untuk mencetak prestasi yang positif. Prestasi ini bisa dilakukan dalam berbagai bidang, sesuai dengan bakat dan talenta masing-masing.

Rina menyampaikan bahwa Ciputra Artpreneur sebagai sebuah lembaga yang fokus untuk mengembangkan bidang seni dan budaya, tentunya juga wajib peduli untuk mendukung dan memfasilitasi para penyandang disabilitas yang mempunyai prestasi di bidang seni. Dukungan tersebut kemudian diwujudkan melalui kolaborasi antara INAPGOC, Artbrut ID dan Ciputra Artpreneur mengadakan kegiatan live painting “Tribute To 100 Years Hendra Gunawan “.

“Apalagi objeknya adalah lukisan dari maestro seni Indonesia, yakni Hendra Gunawan, yang mayoritas karyanya dikoleksi oleh ayah saya Dr (HC) Ir Ciputra. Dalam hal ini, tentunya kita sangat mendukung kegiatan live painting seperti ini,” kata Rina.

Nawa Tunggal, salah satu penggagas dan koordinator acara live painting “Tribute To 100 Years Hendra Gunawan ” berpendapat senada. Menurut dia, Asian Para Games 2018 di Indonesia menjadi momentum penting bagi komunitas penyandang disabilitas neurotransmiter untuk menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Salah satu penyandang disabilitas neurotransmitter yang difasilitasi adalah Dwi Putra yang akrab disapa Pakwi.

“Selain itu juga ada beberapa komunitas yang tergabung di Art Brut.ID yang juga ingin menunjukkan eksistensinya dalam menghasilkan karya seni berkualitas. Khusus untuk Pakwi ini punya ketertarikan yang sangat kuat terhadap lukisan-lukisan Hendra Gunawan yang memang punya tema sosial kuat,” kata Nawa yang juga penggiat di Artbrut.ID ini.

Menpora Imam Nahrawi pun mengunjungi booth Ciputra Artpreneur pada Minggu sore (7/10) dan menyaksikan live painting beberapa karya lukisan Hendra Gunawan dan Momo si maskot #AsianParaGames2018 yang telah dilukis oleh Pak Wi.

Teks : Boni Pramudya